Laman

Sabtu, 26 Juli 2014

Short Message

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Web.
Short Message yaitu pesan singkat. Pesan tertulis atau secara lisan yang dibuat oleh seseorang ditujukan kepada orang lain.

Inilah contoh text dan soal untuk Short Message dan pembahasannya.
Read the text and answer questions!

From    : Mom
To        : All

Dear folks,
Mum‘ll be home at seven because I have to chair the staff meeting. Please don’t forget to do all your chores. Water the garden, feed the pets, and make your own beds after the naps.

Please remind Daddy to prepare dinner for us as he promised to fix us grilled snapper and chicken soup. He’ll be home early at two today.
Thanks a million and see you all soon.
Much love,
Mum

·                    Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran umum isi teks.
·                    Indikator: Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan gambaran umum isi teks yang tepat.

·                    Soal:
The text is about … to her children.
A.                a mom’s love expression
B.                 folks’ instruction/order
C.                 father’s information
D.                a mother’s message
·                     Kunci jawaban: D
·                     Pembahasan:
Dari isi teks jelas diketahui bahwa ada seorang ibu yang tidak bisa pulang sebagaimana biasanya, lalu ia menyampaikan pesan tentang hal-hal yang anak-anaknya harus lakukan di rumah. Dengan demikian teks di atas tentang pesan-pesan si Ibu pada anak-anaknya. Jawaban D paling tepat untuk soal di atas.
1.           
·                     Kemampuan yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraf teks.
·                     Indikator: Disajikan sebuah pertanyaan tentang pokok pikiran paragraf teks, siswa dapat menentukan jawabannya dengan tepat.

·                     Soal:
What does the second paragraph tell you about?
A.                Children’s task to remind their father’s promise.
B.                 Father’s job to cook for dinner for his family at home.
C.                 Mother’s chores to do at home for her  family
D.                The time when father returns from the office.
·                  Kunci jawaban: A
·                  Pembahasan:
Dari makna kalimat- kalimat dalam paragraph dua jelas yang menjadi topik pembicaraan paragraf itu adalah tugas anak-anak untuk mengingatkan ayah mereka akan janjinya untuk memasak makanan malam bagi keluarganya. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

2.          
·                    Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
·                    Indikator: Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan informasi rinci tersurat yang tepat.
·                    Soal:
                The writer writes the memo because she …
A.                                     needs her children’s help
B.                                     cannot cook for her family
C.                                     will come home late
D.                                     has to go with her husband
·                     Kunci jawaban: C
·                     Pembahasan:
Si penulis harus memimpin suatu rapat di tempatnya bekerja sehingga ia baru bisa pulang pada jam tujuh. Dengan demikian ia menulis memo itu karena ia akan pulang tidak seperti biasanya atau terlambat. Jadi jawaban yg paling tepat adalah C.

3.          
·                  Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi tersirat dalam teks.
·                  Indikator: Disajikan sebuah pernyataan yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan informasi tersirat yang tepat dalam teks.
·                  Soal:
The text shows that the writer’s husband can….
A.    cook well
B.     Work fast
C.     chair a meeting
D.    Water the garden

·                                          Kunci jawaban: A


·                                          Pembahasan:
Dari kalimat to prepare dinner for us as he promised to fix us grilled snapper and chicken soup, kita bisa menyimpulkan bahwa suami si penulis biasa memasak. Dengan demikian ia pasti bisa memasak dengan enak. Jadi jawaban A yang paling tepat.

4.          
·                Kemampuan yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
·                Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata benda tertentu yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
·                Soal:
 “Please don’t forget to do all your chores.
 What does the underlined word mean?
A.                   Special cares.
B.                    Routine tasks.
C.                    School assignments.
D.                   Job descriptions.
·               Kunci jawaban: B
·               Pembahasan:
Setelah kata chores dalam teks ada kalimat yang menunjukkan pekerjaan-pekerjaan yang yang rutin dilakukan orang di rumah. Dengan demikian kata ini mestinya terkait dengan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Arti kata yang tepat diambil dalam konteks ini adalah jawaban routine tasks. Jadi jawaban yang benar adalah B.

5. 
·                 Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·               Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu dalam teks, siswa dapat menentukan kata yang tepat yang dirujuknya.
·                 Soal:
“To : All …”
What does the word “All” in the text refer to?
A.                   The mother and father.
B.                    The husband and wife.
C.                    The writer’s children.
D.                   All members of familly.
·         Kunci jawaban: C
·         Pembahasan:
Arti kata all berarti semua. Tentu saja yang dimaksud di sini adalah seluruh anak-anak si penulis. Jadi jawaban C yang paling tepat.


(Sumber : Materi Pengayaan Ujian Nasional SMP Tahun 2012, Depdiknas. 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar