Laman

Sabtu, 26 Juli 2014

Report Text

Ditulis dan dipostingkan Admin Blog.
Text Report adalah text yang memberikan penjelasan sesuatu secara umum. Dimulai dari General Classification atau definition, kemudian disetai dengan rangkaian deskripsi. Contoh Text Report, Soal dan pembahasannya adalah sbb:

Contoh Text  Report dan Pembahasannya 

Read the text and answer questions 1 to 6.
          Fruits are a source of nourishing substances that keep us alive and healthy. For example, they contain many vitamins, especially vitamins A and C, and many minerals, such as calcium, potassium, and zinc. They also provide fiber for a healthy digestive system and carbohydrates that the body needs to make energy. They don’t have a lot of calories to make us fat.
           People use fruits for many things. We make juices from them. We cook bread and pie with them. We make jams, jellies and sweets. We freeze them to eat later. We even make alcohol from fruit. Beer comes from grains, wine comes from grapes, and some brandies are made from plums, apricots, or other fruits.
          But most of the time, we don’t do anything special with fruits. We eat them fresh, just as they are!

1. 
Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran umum isi teks.
Indikator: Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi bacaan dengan tepat.
Soal:
What is the text about?
A.     Vitamins.
B.     Energy.
C.     Fruits.
D.     Minerals.
Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Bila dibaca secara menyeluruh, kita dapat mengatakan bahwa teks  tentang buah-buahan. Jawaban yang lainnya sangat khusus. Dengan  demikian jawaban yang paling tepat adalah C.

2.          
Kemampuan yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraf .
Indikator: Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraph dengan tepat.
Soal:
What is the main idea of the second paragraph?
A.     We make juice from fruits.
B.     People use fruits for many things.
C.     Some beer and brandies are made of fruits.
D.     We freeze fruits to eat whenever we need later.
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Pertanyaan di atas menanyakan pokok pikiran paragraph dua. Bila dibaca paragraf dua teks diatas, jelas kalimat pertamanya merupakan pokok pkiran. Yang lainnya menjadi kalimat penjelas. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah A.

3. 
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
Indikator: Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks dengan tepat.
Soal:
Which substance do we need to have a healthy digestive system?
A.     Vitamins.
B.     Calories.
C.     Fiber.
D.     Carbohydrate.

Kunci jawaban: C
Pembahasan:
Dari teks diketahui bahwa yang diperlukan untuk memiliki sistem pencernaan yang baik adalah makanan yang mengandung serat/ fibre.   Dengan demikian jawaban soal ini adalah C.

4.          
Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi tersirat dalam teks.
Indikator: Siswa dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan informasi tersirat yang tepat.
Soal:
People can be fat because they eat a lot of … .
A.     sweets
B.     poultry
C.     cereal
D.     avocado
Kunci jawaban: D
Pembahasan:
Dari  teks diketahui bahwa buah-buahan tidak membuat orang gemuk. Dari pilihan jawaban soal hanya jawaban D yang termasuk buah-buahan dan dengan demikian disimpulkan ia tidak membuat orang gemuk. Jadi jawaban yang paling tepat adalah B.

5. 
Kemampuan yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata kerja tertentu, siswa dapat menentukan makna dari kata tersebut dengan tepat.
Soal:
“ We freeze them to eat later.” ( par.2 )   
The word”freeze” in the sentence is similar in meaning to … .
A.     liquidate
B.     ice up
C.     preserve
D.     cool               
Kunci jawaban: B
Pembahasan:
Agar makanan bisa dimakan nanti, orang menyimpan makanan itu dalam kulkas, sehingga makanan itu dilapisi es. Dengan demikian kita bisa menebak bahwa arti freeze sama dengan ice up. Bukan yang lainnya. Jawaban B jadi yang paling tepat.
(Sumber Materi : Materi Pengayaan Ujian Nasional Depdiknas)

0 komentar:

Posting Komentar