Ditulis dan dipostingkan Admin Blog.
Text Report adalah text yang memberikan penjelasan sesuatu secara umum. Dimulai dari General Classification atau definition, kemudian disetai dengan rangkaian deskripsi. Contoh Text Report, Soal dan pembahasannya adalah sbb:
Contoh Text Report dan Pembahasannya
Text Report adalah text yang memberikan penjelasan sesuatu secara umum. Dimulai dari General Classification atau definition, kemudian disetai dengan rangkaian deskripsi. Contoh Text Report, Soal dan pembahasannya adalah sbb:
Contoh Text Report dan Pembahasannya
Read the
text and answer questions 1 to 6.
Fruits are a source of
nourishing substances that keep us alive and healthy. For example, they contain
many vitamins, especially vitamins A and C, and many minerals, such as calcium,
potassium, and zinc. They also provide fiber for a healthy digestive system and
carbohydrates that the body needs to make energy. They don’t have a lot of
calories to make us fat.
People use fruits for many
things. We make juices from them. We cook bread and pie with them. We make
jams, jellies and sweets. We freeze them to eat later. We even make alcohol
from fruit. Beer comes from grains, wine comes from grapes, and some brandies
are made from plums, apricots, or other fruits.
But most of the time, we
don’t do anything special with fruits. We eat them fresh, just as they are!
1.
Kemampuan yang
diuji: Menentukan gambaran umum isi teks.
Indikator: Siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi bacaan dengan
tepat.
Soal:
What
is the text about?
A.
Vitamins.
B.
Energy.
C.
Fruits.
D.
Minerals.
Kunci
jawaban: C
Pembahasan:
Bila dibaca
secara menyeluruh, kita dapat mengatakan bahwa teks tentang buah-buahan. Jawaban yang lainnya
sangat khusus. Dengan demikian jawaban
yang paling tepat adalah C.
2.
Kemampuan yang
diuji: Menentukan pokok pikiran paragraf .
Indikator: Siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran paragraph dengan
tepat.
Soal:
What
is the main idea of the second paragraph?
A.
We make juice from fruits.
B.
People use fruits for
many things.
C.
Some beer and brandies are made of
fruits.
D.
We freeze fruits to eat whenever we
need later.
Kunci
jawaban: A
Pembahasan:
Pertanyaan di atas menanyakan pokok pikiran paragraph dua. Bila dibaca paragraf dua teks diatas, jelas kalimat pertamanya merupakan pokok pkiran. Yang lainnya menjadi kalimat penjelas. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah A.
Pertanyaan di atas menanyakan pokok pikiran paragraph dua. Bila dibaca paragraf dua teks diatas, jelas kalimat pertamanya merupakan pokok pkiran. Yang lainnya menjadi kalimat penjelas. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah A.
3.
Kemampuan yang
diuji: Menentukan informasi rinci tersurat dalam teks.
Indikator: Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks dengan tepat.
Indikator: Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dalam teks dengan tepat.
Soal:
Which
substance do we need to have a healthy digestive system?
A.
Vitamins.
B.
Calories.
C.
Fiber.
D.
Carbohydrate.
Kunci
jawaban: C
Pembahasan:
Dari teks diketahui bahwa yang diperlukan untuk memiliki sistem pencernaan yang baik adalah makanan yang mengandung serat/ fibre. Dengan demikian jawaban soal ini adalah C.
Dari teks diketahui bahwa yang diperlukan untuk memiliki sistem pencernaan yang baik adalah makanan yang mengandung serat/ fibre. Dengan demikian jawaban soal ini adalah C.
4.
Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi tersirat dalam teks.
Indikator: Siswa
dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan informasi tersirat yang tepat.
Soal:
People can be fat because they eat a lot
of … .
A.
sweets
B.
poultry
C.
cereal
D.
avocado
Kunci
jawaban: D
Pembahasan:
Dari
teks diketahui bahwa buah-buahan tidak membuat orang gemuk. Dari pilihan
jawaban soal hanya jawaban D yang termasuk buah-buahan dan dengan demikian
disimpulkan ia tidak membuat orang gemuk. Jadi jawaban yang paling tepat adalah
B.
5.
Kemampuan yang diuji: Menentukan makna
kata/frasa/kalimat/ ungkapan.
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata kerja tertentu, siswa dapat
menentukan makna dari kata tersebut dengan tepat.
Soal:
“ We
freeze them to eat later.” ( par.2 )
The word”freeze” in the sentence is
similar in meaning to … .
A.
liquidate
B.
ice
up
C.
preserve
D.
cool
Kunci
jawaban: B
Pembahasan:
Agar makanan bisa dimakan
nanti, orang menyimpan makanan itu dalam kulkas, sehingga makanan itu dilapisi
es. Dengan demikian kita bisa menebak bahwa arti freeze sama dengan ice up.
Bukan yang lainnya. Jawaban B jadi yang paling tepat.
(Sumber Materi : Materi Pengayaan Ujian Nasional Depdiknas)
(Sumber Materi : Materi Pengayaan Ujian Nasional Depdiknas)
0 komentar:
Posting Komentar