Ditulis dan dipostingkan oleh : Admin Blog.
How something is made or How Something is done step by step is called text Procedure/Instruction.
1. Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
(Sumber : Buku Paket dan Materi Pengayaan UN, 2012, Depdikbud)
How something is made or How Something is done step by step is called text Procedure/Instruction.
HOW FISH SWIM
Most fish use their side,
back, and tail fins for swimming. Fins (68) … movable, fanlike parts. A fish
(69) … through the water by swinging its tail fins back and forth. A fish uses
(70) ... other fins to steer (71) ... to stop. Sometimes the other fins also
help it go fast through the water.
Most fishes have bodies
shaped like a torpedo. Their bodies are pointed at the head and at the tail.
This streamlined body helps fish speed through water. Sailfish can swim as (72)
… as 70 miles per hour (110 kilometers
per hour).
(73) … fish have unusual
shapes. Rays have flat, disc-shaped bodies. Large fins like wings go out from a
ray’s head. To swim, rays flap the fins.
Most fish also have swim
bladders. They fill their swim bladders (74) … air. Their air-filled swim
bladders act like life jackets. They keep the fish from sinking to the bottom.
1. Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
· Indikator:
Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan bentuk to be yang tepat.
·
Soal:
A.
are
B.
were
C.
is
D.
was
·
Kunci
jawaban: A
· Pembahasan:
Dari
konteks kalimat khususnya subjek kalimat berbentuk jamak (fins) maka
kemungkinan to be yang dipakai adalah
are dan were. Tapi karena yang dibicarakan suatu fakta yang merupakan
kebenaran umum (simple presen tense), maka to
be yang tepat dipakai adalah yang berbentuk simple present yaitu are. Jadi jawaban A yang paling tepat.
2.
· Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
Indikator:
Siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan bentuk kata kerja yang tepat.
Soal:
Soal:
A.
are moving
B.
move
C.
moved
D.
moves
·
Kunci
jawaban: D
· Pembahasan:
Dari teks secara umum jelas tenses yang dipakai dalam
bentuk simple present tense. Demikian
juga aturan ini berlaku untuk kata kerja pada kalimat nomor ini. Karena
subjeknya orang ketiga tunggal maka jawaban yang benar adalah bentuk simple present tense dari kata kerja move yaitu moves, bukan yang lainnya. Jadi jawaban D yang paling
tepat.
3.
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan possesseive adjective yang tepat.
Soal:
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang.
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan possesseive adjective yang tepat.
Soal:
A.
their
B.
its
C.
it
D.
them
·
Kunci
jawaban: B
· Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan kata yang menunjukkan kepunyaan yang tepat dalam
kalimat. Karena yang memiliki binatang jumlahnya tunggal maka yang dipakai
adalah its, bukan yang lain. Jadi
jawaban B yang paling tepat.
4
·
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata penghubung setara.
·
Soal:
A. nor
B. but
C. and
D. or
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata penghubung setara
antara dua kata. Karena konteksnya menunjukkan adanya hubungan
tambahan maka yang tepat dipakai adalah penghubung and, bukan yang lain.
5
- Kemampuan yang diuji: melengkapi teks rumpang
- Indikator : siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata keterangan yang tepat .
- Soal:
A. slowly
B. fast
C. hurriedly
D. hastily
·
Kunci jawaban: B
·
Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan kata keterangan yang tepat. Dalam konteks ini keterangan yang tepat adalah dengan
cepat yang memakai kata fast. Kata keterangan lainnya tidak cocok
dipakai di sini.
6
- Kemampuan yang diuji: melengkapi teks rumpang
- Indikator: siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan keterangan jumlah yang tepat
- Soal:
A. some
B. most
C. all
D. a little
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan kata keterangan jumlah. Dalam konteks ini keterangan
yang tepat adalah beberapa (some), karena bentuk ikan yang aneh itu tidak
banyak sejauh ini. Kata keterangan lain kurang tepat dipakai di kalimat ini.
Jadi jawaban yang benar adalah A.
7.
- Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang
- Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan preposisi yang tepat
- Soal:
B. to
C. near
D. with
·
Kunci jawaban: D
·
Pembahasan:
Yang
diuji adalah penggunaan kata depan. Dalam konteks ini preposisi yang tepat adalah with. Preposisi lainnya tidak
cocok.
(Sumber : Buku Paket dan Materi Pengayaan UN, 2012, Depdikbud)
0 komentar:
Posting Komentar