Laman

Kamis, 24 Juli 2014

Procedure

Ditulis dan dipostingkan oleh : Admin Blog.
How something is made or How Something is done step by step is called text Procedure/Instruction.


HOW FISH SWIM
Most fish use their side, back, and tail fins for swimming. Fins (68) … movable, fanlike parts. A fish (69) … through the water by swinging its tail fins back and forth. A fish uses (70) ... other fins to steer (71) ... to stop. Sometimes the other fins also help it go fast through the water.
Most fishes have bodies shaped like a torpedo. Their bodies are pointed at the head and at the tail. This streamlined body helps fish speed through water. Sailfish can swim as (72) …  as 70 miles per hour (110 kilometers per hour).
(73) … fish have unusual shapes. Rays have flat, disc-shaped bodies. Large fins like wings go out from a ray’s head. To swim, rays flap the fins.
Most fish also have swim bladders. They fill their swim bladders (74) … air. Their air-filled swim bladders act like life jackets. They keep the fish from sinking to the bottom.

1.             Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks  rumpang.
·       Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan bentuk to be yang tepat.
·       Soal:
A.   are
B.   were
C.   is
D.   was
·         Kunci jawaban: A
·      Pembahasan:
Dari konteks kalimat khususnya subjek kalimat berbentuk jamak (fins) maka kemungkinan to be yang dipakai adalah are dan were. Tapi karena yang dibicarakan suatu fakta yang merupakan kebenaran umum (simple presen tense), maka to be yang tepat dipakai adalah yang berbentuk simple present yaitu are. Jadi jawaban A yang paling tepat.
2.          
·      Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks  rumpang.       Indikator: Siswa dapat melengkapi teks  rumpang dengan bentuk kata kerja yang tepat.       
Soal:
A.   are moving
B.    move
C.    moved
D.    moves

·         Kunci jawaban: D
·      Pembahasan:
Dari teks secara umum jelas tenses yang dipakai dalam bentuk simple present tense. Demikian juga aturan ini berlaku untuk kata kerja pada kalimat nomor ini. Karena subjeknya orang ketiga tunggal maka jawaban yang benar adalah bentuk simple present tense dari kata kerja move yaitu moves, bukan yang lainnya. Jadi jawaban D yang paling tepat.
3.           
Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks  rumpang.
Indikator: Siswa dapat melengkapi teks  rumpang dengan possesseive adjective yang tepat.
Soal:
A.     their
B.      its
C.     it
D.    them
·         Kunci jawaban: B
·      Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata yang menunjukkan kepunyaan yang tepat dalam kalimat. Karena yang memiliki binatang jumlahnya tunggal maka yang dipakai adalah its, bukan yang lain. Jadi jawaban B yang paling tepat.
4
·         Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang
·         Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata penghubung setara.
·         Soal:
A.    nor
B.     but
C.     and
D.    or
·           Kunci jawaban: C
·           Pembahasan:
          Yang diuji adalah penggunaan kata penghubung setara antara dua kata. Karena konteksnya menunjukkan adanya hubungan tambahan maka yang tepat dipakai adalah penghubung and,  bukan yang lain.
5
  • Kemampuan yang diuji: melengkapi teks rumpang
  • Indikator : siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata keterangan yang tepat .
  • Soal:
A.    slowly
B.     fast
C.     hurriedly
D.    hastily
·           Kunci jawaban: B
·           Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata keterangan yang tepat. Dalam konteks ini keterangan yang tepat adalah dengan cepat yang memakai kata fast. Kata keterangan lainnya tidak cocok dipakai di sini.
6
  • Kemampuan yang diuji: melengkapi teks rumpang
  • Indikator: siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan keterangan jumlah yang tepat
  • Soal:
A.    some
B.     most
C.     all
D.    a little
·           Kunci jawaban: A
·           Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata keterangan jumlah. Dalam konteks ini keterangan yang tepat adalah beberapa (some), karena bentuk ikan yang aneh itu tidak banyak sejauh ini. Kata keterangan lain kurang tepat dipakai di kalimat ini. Jadi jawaban yang benar adalah A.

7.
  • Kemampuan yang diuji: Melengkapi teks rumpang
  • Indikator: Siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan preposisi yang tepat
  • Soal:
B.     to
C.     near
D.    with
·           Kunci jawaban: D
·           Pembahasan:
Yang diuji adalah penggunaan kata depan. Dalam konteks ini preposisi yang tepat  adalah with. Preposisi lainnya tidak cocok.

(Sumber : Buku Paket dan Materi Pengayaan UN, 2012, Depdikbud)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar