Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Blog
Para pembaca blog Edelweis yang bebahagia, terutama bagi para siswa Kelas 7 SMP dan MTS. Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu jenis teks (genre) yaitu Descriptive Text.
Teks Descriptive adalah teks yang mengatakan kepada kita tentang orang, benda dan tempat tertentu secara khusus. Dalam bahasa Inggris "Descriptive Text is text that tells us about something in particular".
The Generic Structure of Descriptive Text.
a. Identification
b. Description 1
c. Description 2
d. Description 3
Ada 3 jenis Descriptive Text
a. Place
b. Person
c. Animal
Soal dan Pembahasan (Sumber materi : Materi Pengayaan Ujian Nasional Depdiknas 2012)
A street sweeper was doing his job when
he came across some money lying on the ground. He decided to use it to buy a
surprise present for his little daughter. He bought a jar of honey, rushed home
and left it on the table, so that his daughter would find it as soon as she
came home from school. But, alas, it was the flies that ate the honey.
Para pembaca blog Edelweis yang bebahagia, terutama bagi para siswa Kelas 7 SMP dan MTS. Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu jenis teks (genre) yaitu Descriptive Text.
Teks Descriptive adalah teks yang mengatakan kepada kita tentang orang, benda dan tempat tertentu secara khusus. Dalam bahasa Inggris "Descriptive Text is text that tells us about something in particular".
The Generic Structure of Descriptive Text.
a. Identification
b. Description 1
c. Description 2
d. Description 3
Ada 3 jenis Descriptive Text
a. Place
b. Person
c. Animal
Soal dan Pembahasan (Sumber materi : Materi Pengayaan Ujian Nasional Depdiknas 2012)
Read the
text and choose the correct answer
The sweeper was so angry that he
went to ask the judge to give orders for the flies to be arrested and condemned
to death.
“You are
absolutely right,” smiled they judge, “but as you will well understand, we
cannot mobilize the army against these rascals. We shall see justice done in
another way. Every time you see a fly, strike it down. I authorize you to
execute them yourself. Furthermore, I demand personally that you do not allow
even a single one of these thieving flies to escape.”
“Yes, your
honor. You can count on me,” the sweeper assured him.
At that very moment, a fly decided
to settle on the judge’s head and the sweeper did not hesitate: he raised his
brush and brought it crashing down on the judge’s head. The guards were about
to arrest him, when the judge recovered and intervened. “Leave him be,” he
ordered, “he has taught me not to say foolish things to simpletons.”
1. Kemampuan
yang diuji: Menentukan gambaran umum isi teks.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks dengan
tepat.
·
Soal:
What is the text about?
A. The
street sweeper and the judge.
B. The
flies and the rascals.
C. The
guards and their master.
D. The
court and the simpletons.
·
Kunci
jawaban: A
·
Pembahasan:
Bila dibaca secara menyeluruh, maka kita
dapat mengatakan bahwa teks di atas
bercerita tentang tukang sapu jalan dan sang hakim. Jawaban yang lainnya kurang
tepat. Dengan demikian jawaban yang
paling tepat adalah A.
2. Kemampuan
yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·
Indikator:
Siswa dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan pokok pikiran paragraph yang
tepat.
·
Soal:
The last paragraph of the text tells you about what the
street sweeper …
A.
did to carry out the judge’s order
B.
liked doing during his real life
C.
made to buy honey for his daughter
D.
got as a result of his bad behavior
·
Kunci jawaban: A
·
Pembahasan:
Pertanyaan
diatas mananyakan topic paragraph. Bila dibaca paragraf akhir teks di atas,
jelas menceritakan apa yang penyapu jalan lakukan atas perintah sang hakim. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah A.
3. Kemampuan
yang diuji: Menentukan informasi tersirat dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks, siswa dapat
menentukan jawabannya dengan tepat.
·
Soal:
What is the moral value of the story?
A.
There is no justice for foolish people.
B.
It is dangerous to talk to street
sweepers.
C.
A judge should be careful with his or
her orders.
D.
We must be careful with stupid persons
in this life.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Dari teks diketahui bahwa orang sangat menjunjung
tinggi keputusan hakim. Ucapan hakim harus jelas dan tegas hingga tidak
disalahgunakan orang. Nilai moral cerita ini diantaranya hakim semestinya
berhati-hati dengan ucapannya terutama kepada orang awam. Jawaban yang cocok
untuk soal ini adalah D, sedangkan yang lainnya kurang tepat.
4. Kemampuan
yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat.
·
Indikator:
Siswa dapat menentukan makna kata/frasa berdasarkan konteks kalimat ang diberikan.
·
Soal:
“Yes, your honor. You can count on me,” the sweeper assured him.
What does the phrase “count on” in the sentence mean?
A. Get
B. Ask
C. Pay
D. Trust.
·
Kunci
jawaban: D
· Pembahasan:
Dari
konteks kalimat jelas bahwa makna count
on yang paling tepat adalah percaya atau mengandalkan. Dengan demikian kita bisa menebak bahwa arti count on sama dengan trust. Bukan yang
lainnya. Jawaban D adalah jawaban yang paling tepat.
5. Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan
kata dalam teks.
·
Indikator:
Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat
menentukan kata yang dirujuknya dengan tepat dalam teks
·
Soal:
“….so that his daughter would find it
as soon as she came home from school.”
What does the word “it” in the sentence
refer to?
A. The
money.
B. The
fly.
C. The
honey.
D. The
jar.
·
Kunci jawaban: C
·
Pembahasan:
Arti kata it
dalam konteks ini adalah madu. Jadi jawaban yang tepat adalah C, bukan yang
lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar