Laman

Selasa, 04 Agustus 2015

Descriptive Text

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Blog
Para pembaca blog Edelweis yang bebahagia, terutama bagi para siswa Kelas 7 SMP dan MTS. Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu jenis teks (genre) yaitu Descriptive Text

Teks Descriptive adalah teks yang mengatakan kepada kita tentang orang, benda dan tempat tertentu secara khusus. Dalam bahasa Inggris "Descriptive Text is text that tells us about something in particular".

The Generic Structure of Descriptive Text.
a. Identification
b. Description 1
c. Description 2
d. Description 3

Ada 3 jenis Descriptive Text
a. Place
b. Person
c. Animal

Soal dan Pembahasan (Sumber materi : Materi Pengayaan Ujian Nasional Depdiknas 2012)
Read the text and choose the correct answer
            A street sweeper was doing his job when he came across some money lying on the ground. He decided to use it to buy a surprise present for his little daughter. He bought a jar of honey, rushed home and left it on the table, so that his daughter would find it as soon as she came home from school. But, alas, it was the flies that ate the honey.
            The sweeper was so angry that he went to ask the judge to give orders for the flies to be arrested and condemned to death.
“You are absolutely right,” smiled they judge, “but as you will well understand, we cannot mobilize the army against these rascals. We shall see justice done in another way. Every time you see a fly, strike it down. I authorize you to execute them yourself. Furthermore, I demand personally that you do not allow even a single one of these thieving flies to escape.”
“Yes, your honor. You can count on me,” the sweeper assured him.
            At that very moment, a fly decided to settle on the judge’s head and the sweeper did not hesitate: he raised his brush and brought it crashing down on the judge’s head. The guards were about to arrest him, when the judge recovered and intervened. “Leave him be,” he ordered, “he has taught me not to say foolish things to simpletons.”
1.     Kemampuan yang diuji: Menentukan gambaran umum isi teks.
·         Indikator: Siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks dengan tepat.
·         Soal:
What is the text about?
A.    The street sweeper and the judge.
B.     The flies and the rascals.
C.     The guards and their master.
D.    The court and the simpletons.
·         Kunci jawaban: A
·         Pembahasan:
Bila dibaca secara menyeluruh, maka kita dapat mengatakan bahwa teks  di atas bercerita tentang tukang sapu jalan dan sang hakim. Jawaban yang lainnya kurang tepat. Dengan  demikian jawaban yang paling tepat adalah A.

2.      Kemampuan yang diuji: Menentukan pokok pikiran paragraph teks.
·         Indikator: Siswa dapat melengkapi pernyataan rumpang dengan pokok pikiran paragraph yang tepat.
·         Soal:
The last paragraph of the text tells you about what the street sweeper …
A.    did to carry out the judge’s order
B.     liked doing during his real life
C.     made to buy honey for his daughter
D.    got as a result of his bad behavior
·         Kunci jawaban: A
·         Pembahasan:
Pertanyaan diatas mananyakan topic paragraph. Bila dibaca paragraf akhir teks di atas, jelas menceritakan apa yang penyapu jalan lakukan atas perintah sang hakim. Dengan demikian jawaban peranyaan yang tepat adalah A.


3.    Kemampuan yang diuji: Menentukan informasi tersirat dalam teks.
·                  Indikator: Disajikan sebuah pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks, siswa dapat menentukan jawabannya dengan tepat.
·                  Soal:
What is the moral value of the story?
A.                There is no justice for foolish people.
B.                 It is dangerous to talk to street sweepers.
C.                 A judge should be careful with his or her orders.
D.                We must be careful with stupid persons in this life.
·                  Kunci jawaban: C
·                  Pembahasan:
Dari  teks diketahui bahwa orang sangat menjunjung tinggi keputusan hakim. Ucapan hakim harus jelas dan tegas hingga tidak disalahgunakan orang. Nilai moral cerita ini diantaranya hakim semestinya berhati-hati dengan ucapannya terutama kepada orang awam. Jawaban yang cocok untuk soal ini adalah D, sedangkan yang lainnya kurang tepat.

4.  Kemampuan yang diuji: Menentukan makna kata/frasa/kalimat.
·          Indikator: Siswa dapat menentukan makna kata/frasa berdasarkan konteks    kalimat ang diberikan.
·       Soal:
    “Yes, your honor. You can count on me,” the sweeper assured him.
   What does the phrase “count on” in the sentence mean?
A.    Get
B.     Ask
C.     Pay
D.    Trust.
·         Kunci jawaban: D
·      Pembahasan:
Dari konteks kalimat jelas bahwa makna count on yang paling tepat adalah percaya atau mengandalkan. Dengan demikian kita bisa menebak bahwa arti count on sama dengan trust. Bukan yang lainnya. Jawaban D adalah jawaban yang paling tepat.

5. Kemampuan yang diuji: Menentukan rujukan kata dalam teks.
·         Indikator: Disajikan sebuah kalimat yang memuat kata ganti tertentu, siswa dapat menentukan kata yang dirujuknya dengan tepat dalam teks
·      Soal:
“….so that his daughter would find it as soon as she came home from school.”
What does the word “it” in the sentence refer to?
A.    The money.
B.     The fly.
C.     The honey.
D.    The jar.
·       Kunci jawaban: C
·       Pembahasan:

                 Arti kata it dalam konteks ini adalah madu. Jadi jawaban yang tepat adalah C, bukan yang lainnya.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar