Ditulis dan dipostingkan oleh : Pak Damin
Kurikulum :
Adalah perangkat
mata pelajaran dan program Pendidikan yang diberikan oleh suatu Lembaga
penyelenggara Pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan
kepada peserta didik dalam satu periode jenjang Pendidikan.
Pengembangan Kurikulum Operasional Di Satuan Pendidikan:
1. Berpusat pada Peserta Didik
2.
Kontextual
3.
Esensial
4.
Akuntabel
5.
Berkesinambungan
6.
Melibatkan berbagai Pemangku Kepentingan
Proses Penyusunan Kurikulum di Satuan Pendidikan
1. Karakteristik Satuan Pendidikan
2.
Visi
3.
Misi
4.
Tujuan
5.
Profil Pelajar
6.
Struktur Kurikulum Sekolah
7.
Rencana Pembelajaran
8. Evaluasi Kurikulum
Visi
Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan, yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan.
Misi :
Misi adalah pernyataan bagaimana satuan pendidikan mencapai visi yang ditetapkan untuk menjadi rujukan bagi penyusunan program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, dengan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan Pendidikan.
Tujuan :
Tujuan adalah gambaran hasil yang akan dicapai dalam kurun
waktu tertentu oleh setiap satuan pendidikan dengan mengacu pada karakteristik
dan/atau keunikan setiap satuan pendidikan sesuai dengan prinsip yang sudah
ditetapkan
Profil Pelajar Pancasila yaitu:
1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
berakhlak mulia,
2) mandiri,
3) bergotong-royong,
4) berkebinekaan global,
5) bernalar kritis, dan
6) kreatif.
Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.
Dimensi Berkebinekaan Global:
Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen kunci dari berkebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
Dimensi Bergotong Royong:
kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
Dimensi Mandiri
Dimensi Mandiri Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
Dimensi Bernalar Kritis
Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir dalam mengambilan keputusan.
Dimensi Kreatif
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal serta memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
SISTEMATIKA
KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN
PENDIDIKAN
Cover
1. Logo sekolah dan atau daerah
2. Judul : Kurikulum Operasional
SMP ….
3. Tahun Pelajaran
4. Alamat Sekolah
Halaman pengesahan
1. Rumusan kalimat pengesahan
2. Tanda tangan KS dan
stempel/cap sekolah
3. Tanda tangan ketua komite
sekolah dan stempel/cap komite sekolah
4. Tempat untuk tanda tangan
kepala/pejabat dinas pendidikan kota
Halaman Pemeriksaan Dokumen
KOSP oleh Pengawas Pembina
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN
A. Karakteristik Peserta Didik
B. Karakteristik Sosial, Budaya Sekolah
C. Karakteristik Pendidik dan Tenaga Kependidikan
BAB II VISI,
MISI dan TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
A.
Visi Satuan Pendidikan
B.
Misi Satuan Pendidikan
C.
Tujuan
Satuan Pendidikan
BAB III PENGORGANISASIAN
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan Intrakurikuler
1. Daftar mata pelajaran dan muatan lokal
2. Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran,
muatan lokal, dan project penguatan P3 dalam satu tahun pelajaran
B.
Kegiatan Project Penguatan P3
1. Tema Project
2. Pengelolaan Project Penguatan P3
C.
Kegiatan
Ekstrakurikuler
1. Jenis program ekstra kurikuler
2. Strategi Pelaksanaan ekstrakurikuler
BAB IV. RENCANA PEMBELAJARAN
A.
Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup
satuan Pendidikan
B. Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup kelas
BAB V PENDAMPINGAN, EVALUASI, DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL
A.
Perencanaan
B. Pelaksanaan
BAB VI. PENUTUP
LAMPIRAN:
1.
Kalender Pendidikan
2.
Capaian Pembelajaran
3.
Alur Tujuan Pembelajaran
4.
Modul Ajar
5. Laporan Hasil Belajar
MATERI IKM MERAPI MERBABU HOTEL DITJEN
KEMENDIKBUD, JUNI 2022 (JATENG YOGYA)
0 komentar:
Posting Komentar