Laman

Gambar

Para Siswa SMPN 1 kayen Berwisata Ke Pantai Kuta Pulau Dewata Bali

Gambar

Beberapa alumnus SMPN 1 Kayen bersilaturohim pada Hari Idul Fitri

Gambar

Indah Bunga Anggraeni Juara 3 Lomba Story Telling Kab. Pati Thn 2012

Gambar

Bersama para peserta calon IN kelas 7a LPMP Jogya Thn 2014

Gambar

Peserta lomba MPI,Blog,Website di BPTIKP Disdik Jateng Thn 2014

Gambar

Para Siswa memggunakan gambar,realia untuk bercerita Bahasa Inggris

Gambar

Bersama dengan Juri dan Peserta pada Lomba Inovasi Media Nasional

Senin, 15 Maret 2021

Pentingnya Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19

Atikel dipersiapkan oleh Pak Damin dalam rangka Webinar KKN Fakultas Kedokteran UNISSULA , Rabu, 17 Maret 2020

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suwasana belajar dan dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan  potensi dirinya untuk memiliki kekuwatan spiritual keagamaan , pengendalian diri, kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara (UU No 20 Tahun 2003, Sisdiknas, Pasal 1)

Sedangkan fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional menurut UU tersebut adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sebagaimana kita ketahui bahwa ada 3 jalur pendidikan yang bisa ditempuh oleh peserta didik yaitu pendidikan formal, nonformal dan informal yang mana ketiga jalur pendidikan tersebut saling melengkapi. Pendidikan formal meliputi pendidikan  dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendudkung pendidikan sepajang hayat. Satuan Pendidikan nonformal misalnya lembaga kursus, lembaga pelatihan, dan kelompok belajar. Sedangkan pendidikan informal adalah pendidikan yang dilakukan oleh keluwarga dan lingkungan berbentuk kegiatan secara mandiri.

Jenjang Pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Sedangkan ditinjau dari jenis pendidikan mencakup pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan dan khusus.

Demikian baik  dan mulia fungsi dan tujuan Pendidikan nasional yang telah diamanatkan oleh UU Sisdiknas tersebut. Pendidikan bisa dilaksanakan melalui jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.

Demikian luas cakupan Pendidikan dilihat dari sisi jalur, jenjang dan jenis pendidikan. Baiklah para audience yang budiman, dikarenakan penulis berkecimpung pada jalur pendidikan formal dan pendidikan dasar (lebih dari 23 tahun sebagai Guru SMP) maka penulis mengkhususkan kajian dengan mengambil tema "Pentingnya Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19"

Sebelum Pandemi Covid-19 terjadi di bumi ini termasuk di negara yang kita cintai, pembelajaran di semua jalur, jenis dan jenjang di Indonesia berlangsung dengan baik dan efektif dengan pertemuan anatara pendidik dan peserta didik, antara mahasiswa dan dosen, antara instruktur dan peserta pelatihan dalam sebuah tempat pembelajaran di ruang kelas, ruang belajar, ruang perkuiahan, raung terbuka dan di lingkungan pembelajaran. Dengan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif serta beberapa metode pembelajaran yang disesuikan dengan materi ajar, seorang guru atau dosen bisa membawa sebuah proses pembelajaran yang sangat menyenangkan, berarti, bermakna dan bermutu sehingga bisa diperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan ada beberapa siswa, mahasiswa dan peserta diklat karena kondisi dan kemampuannya belum mencapai kompetensi minimal yang telah ditetapkan. Untuk mencapai target hasil belajar, dilakukan remidial pembelajaran bagi peserta didik yang kurang dan pengayaan bagi para peserta didik yang sudah mencapai KKM.

Dengan adanya Pandemi Covid-19 yang terjadi membawa perubahan sangat luar biasa pada semua aspek kehidupan termasuk pada pelaksanaan pembelajaran di satuan-satuan pendidikan (sekolah -sekolah). Apakah pembelajaran harus berhenti dengan adanya pandemi ini? Sebuah pertanyaan yang tentu tidak perlu dijawab, kan? Karena semua pembaca sudah mengetahui jawabannya. Ya Pendidikan harus tetap berlangsung. Pembelajaran di setiap satuan pendidikan harus tetap dilaksanakan.  Pemerintah sudah melakukan banyak usaha untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19 dengan berbagai kebijakan diantaranya adalah melakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, mengamanatkan kepada masyarakat melakukan 3 M (Memakai Masker, Mencuci tagan dengan sabun/hand sanitizer dan menjaga jarak) dan kebijakan lainnya. 

Seiring dengan kebijakan Pemerintah tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran No 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Hal hal yang penting pada surat edaran tersebut diantaranya adalah (1) belajar dari rumah selama darurat penyebaran Covid-19 dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19 dan (2) belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam jaringan (daring)  dan atau luar jaringan (luring) dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah.

Model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membawa konsekwensi pembelajaran lewat Media Sosial (Medsos). Ada beberapa medsos yang telah disediakan oleh beberapa situs di internet yang bisa dipakai untuk PJJ/online/ daring misalnya WA, Face Book, Instagram, Blog, Website, You Tube, Zoom dan platform Learning Management System (LMS) misalnya Google Clasroom, Edmodo, Moodle (Moduler Object Oriented Dynamic Learning Environment). Para pendidik bisa memilih jenis media sesuai dengan kemampuan dan kesukaannya. Dalam hal ini penulis lebih menggunakan kombinasi WAG (Whats App Group, Google Classroom, Blog, You Tube dan Website Sekolah dalam pembelajaran daring.

Sehebat apapun jenis medsos yang digunakan oleh para pendidik, namun dalam perjalanan pembelajaran, banyak hambatan atau kendala yang dihadapi misalnya (1) tidak semua siswa mempunyai HP Android, (2) tidak semua siswa dimana dia tinggal memiliki jaringan internet yang bagus, (3) anggaran keuangan orang tua bertambah untuk membeli quota, (4) fitur fitur di medsos terbatas, (5) tidak semua guru mampu memanfaatkan platform LMS. 

Apapun kendala yang dialami dalam pembelajaran pada masa pandemi ini harus diusahakan jalan keluwarnya. Siswa yang tidak mempunyai HP atau HP nya rusak dapat diatasi dengan meminta mereka untuk datang ke sekolah sejenak di hari dan jam tertentu mengerjakan tugas tugas yang diberikan bapak ibu guru. Bila tidak ada jaringan internet di rumah, para siswa bisa datang di tempat tempat yang ada jaringan internet. Para guru memilih medsos yang tidak menghabiskan banyak quota untuk membantu meringankan beban anggaran orang tua dalam pembelian quota. Pemerintah melalui Mendikbud telah membantu quota belajar yang dikirimkan secara langsung ke HP para siswa dan pendidik yang didaftarkan oleh Operator Dapodik sekolah. Pemanfaatan kombinasi medsos oleh para guru untuk mengatasi keterbatasan situs medsos tertentu. Para guru harus terus berusaha dan tidak boleh patah semangat untuk selalu tetap belajar dan mengembangkan kemampuan untuk memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.

Dalam hal optimalisasi platform pembelajaran daring Dr. Gunawan Setyadi,S.IP.,M.Pd pada SWA Media edisi 8-2020 menyarankan  (1) metode yang digunakan dalam pembelajaran daring harus berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Disarnkan menggunakan metode yang bersifat Personalized Learning Environment (PLE) yang memperhatikan perbedaan individu. Individu yang sifatnya unik dalam hal kemampuan, bakat, minat, kepribadian dan emosi. Dalam pembelajaran guru memiliki waktu untuk memperhatikan setiap individu. (2) guru dapat memberi umpan balik setiap siswa sehingga siswa tahu kesalahan yang dibuat. Umpan balik bisa berupa saran, masukan, nasehat, evaluasi, dan pujian yang diberikan guru yang tujuannya meningkatkan hasil belajar. (3) memaksimalkan penggunaan belajar tuntas atau Mastery Learning. Semua siswa mampu berprestasi hanya perbedaan waktu belajaranya.

Pada pembelajaran daring, peran orang tua atau keluwarga mempunyai andil yang sangat besar. Para orang tua atau wali murid bisa mendampingi para putra putri mereka dalam belajar. Diakui atau tidak ada beberapa orang tua karena sebab sebab tertentu berada di depan HP putra putrinya menggantikan untuk belajar dan mengerjakan tugas. Nah...ini yang sekolah orang tua bukan anaknya. Pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring bisa menambah semangat putra putri mereka.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19 sangatlah penting sebagai pengganti pembelajaran tatap muka. Pendidikan harus tetap dilanjukan di negeri ini untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berilmu, cakap, kreative, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Ya....Pendidikan untuk hari esok yang lebih baik.

Sebagai guru, penulis hanya bisa berdoa kepada Allah SWT agar situasi dan kondisi bisa berjalan normal kembali sehingga pembelajaran di setiap satuan pendidikan bisa berjalan tatap muka.

Terima kasih kepada para Dosen Pembimbing dan segenap mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISSULA yang sedang melaksanakan program KKN atas kesempatan yang diberikan kepada penulis untuk berbagi pengalaman di Webinar ini. Semoga Allah SWT berikan kelancaran dan kesuksesan kepada kalian semua dalam menuntut ilmu dan memperoleh ilmu yang manfaat.

Tak ada gading yang tak retak. Tiada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Hanya milik Yang Maha Kuasa segala kesempurnaan. Kritik dan saran senantiasa penulis harapkan. Maaf atas segala kesalahan. Terima kasih kepada Panitia Webinar dan seluruh peserta di Webinar ini. Semoga bermanfaat.

Senin, 03 Agustus 2020

PROCEDURE / INSTRUCTION

Written and Posted by Pak Damin

PROCEDURE / INSTRUCTION
Assalamualaikum wr. wb.

Good Morning/ Afternoon students of Grade 9G,9H and 9I SMP Negeri 1 Kayen. Hello? How are you? I hope all of you are fine. Before continuing our lesson, let's thank to Allah SWT because of the blessing, we have a chance to study English. At this chance, we want to talk about PROCEDURE.

Procedure or Instruction is text that tells us about how to make or to do something step by step.

The Generic Structure of Procedure:
a. Goal/Aim/Purpose : Tujuan biasanya ada pada judul (tittle).
b. Material : bahan bahan
c. Step : langkah langkahnya

This text usually uses conjunctions:
   First             : Pertama
   Second         : Kedua
   Third            : Ke tiga
   Then             : Kemudian
   After that      : Setelah itu
   Next             : Selanjutnya
   The following step : langkah berikutnya
   Finally/ At last : Akhirnya

There are some imperatives in this text, such as:
Imperative (Kalimat Perintah ? Verb 1 awal kalimat
   Put into ...    : Masukkan....
   Boil..........    : Rebuslah....
   Cut............   : Potonglah....
   Make.........   : Buatlah

How to make Indomie Fried Noodle?
Materials:
     Indomie fried noodle,gas stove,pence,a bowl,a knife,an egg,cabbage,chilly, two glasses of water
Steps:
    First, turn on the stove
    Second, put the pence on the stove
    Third, put the water in the pence
    Then, cut a cabbage, chilly into slices.
    After that, enter the unwrapped egg into the boiled water in the pence.
    Next, put cabbage and the chilly in the boiled water
    The next step, enter the unwrapped noodle in the boiled water, wait for 4 minutes.
    Then, take the gradient and put in the bowl.
    After that, take the noodle, the cabbage, the chilly, the egg and put in the bowl.
    Finally, mix them. It is ready to serve.

Watch this video from You Tube Channel :



Tugas Siswa:
1. Tulis Procedure di lembar Folio yang berwarna biru. 
2. Tulis Procedure di Buku Catatan yang berwarna biru.

3. Hafalkan!

Senin, 27 Juli 2020

AGREEMENT AND DISAGREEMENT

Written and posted by Pak Damin
Assalamualaikum wr. wb.
Good Morning/ Afternoon students of Grade 9G,9H and 9I SMP Negeri 1 Kayen. Hello? How are you? I hope all of you are fine. Before continuing our lesson, let's thank to Allah SWT because of the blessing, we have a chance to study English.

At this time, we want to discuss about Agreement (Persetujuan) and Disagreement (Ketidak setujuan).

OPINION            AGREEMENT      DISAGREEMENT

1. Singing is a good hobby.            I agree                          I don't agree
    Menyanyi hobi yang baik.          Saya setuju                  Saya tidak setuju.

2. Klayar Beach is very beautiful. I think so.                      I don't think so.
    Pantai Klayar sangat indah.      Saya pikir demikian.     Saya tdk berfikir demikian.

3. How about studying English?  I think it is good idea.  I don't agree.
    Bagaimana belajar B.Inggris?  Saya pikir ide bagus.    Saya tidak setuju.

4. I think it's going to rain.          You are right.               You are wrong.
    Saya pikir akan hujan.             Kamu benar.                 Kamu salah.

5. We think we'll have holiday.   I am sure.                     I doubt.
    Kami berfikir akan ada libur.  Saya yakin.                  Saya ragu ragu.          

Watch this video!


Tugas Siswa:
1. Tulis  di lembar Folio yang tertulis warna biru. 
2. Tulis  di Buku Catatan yang tertulis warna biru.
3. Hafalkan !

Kamis, 23 Juli 2020

INTRODUCTION (PERKENALAN)

Written and posted by Pak Damin for Grade 7A,7B and 7D SMP Negeri 1 Kayen

INTRODUCTION (PERKENALAN)
Assalamualaikum Wr. Wb.                                                       Tempel foto 3 x 4
Hi/Hello...
Let me introduce myself.
Good Morning/Good Afternoon/Good Evening.
My name is....
I was born in.....
I am ....years old.
I am in Grade .....SMP Negeri 1 Kayen
I live in....Village.
My father's name is.....
He works as......
My mother's name is....
She works as......
My hobby is....
Thank you very much for your attention and see you later.
Wassalamualaikum Wr Wb.

Vocabularies :
let             : ijinkan                                           guru       : teacher
introduce  : mengenalkan                                petani    : farmer
myself      : diri sendiri                                      PNS      : Civil Servant
was born  : dilahirkan                                       penjahit : tailor
grade       : kelas                                              pedagang: trader
live          : tinggal                                             tukang kayu : carpenter
village     : desa                                                ibu rumah tangga : house hold
works      : bekerja                                            tukang batu : brick layer 
as             : sebagai                                          pelaut ; sailor
atttention : perhatian
see you later : sampai jumpa nanti

Watch this video!



Tugas Siswa:
1. Tulis dan lengkapi sesuai dengan nama dan kondisi kamu  Introduction di lembar Folio yang tertulis warna biru. 
2. Tulis sesuai dengan nama dan kondisi kamu Introduction dalam Buku Catatan yang tertulis warna biru.
3. Hafalkan Introduction!

Rabu, 22 Juli 2020

PERSONAL PRONOUN ( KATA GANTI)

Written and Posted by Pak Damin for the students of Grade 7A,7B and 7D SMP Negeri 1 Kayen.

PERSONAL PRONOUN ( KATA GANTI )
Personal Pronoun dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Kata Ganti Benda.
Dalam Bahasa Inggris kita mengenal kata kata:

Subject        Kepunyaan            Object       ....Sendiri     Bahasa Indonesia

I                      my....                    me            myself           Saya
You                 your.....                you           yourself         Kamu
We                  our.......                 us             ourselves       Kita/Kami
They               their.....                 them        themselves    Mereka Sendiri
He                   his......                  him           himself          Dia (laki laki)
She                  her......                  her            herself           Dia (dia perempuan)
It                      its........                 it               itself               satu benda                                                   
Kata Ganti dari :
Toni                      he
Rini                      she
Toni and Rini     they
A teacher            he/she
5 teachers           they
You and I           we
A book                it
2 books                they
a cat                    he/she/it
3 cats                   they

The Examples :
I am a student.
This is my book.
Do you like me?
I do it by myself.

You are a good student.
Is he your father?
I like you.

We are happy.
Mr. Damin is our English teacher. 
Our parents like us.

They are our parentss.
Their parents are farmers.
Mrs. Rina has two children. She loves them.

She is my mother.
Mrs. Rina is her mother.
I like her.

Ahmad is my brother.
He is very handsome.
I like him.
His car is good.

Please watch this Video!



Tugas Siswa:

1. Tulis materi Personal Pronoun di lembar Folio yang tertulis warna biru.
2. Tulis materi Personal Pronoun dalam Buku Catatan yang tertulis warna biru.
3. Hafalkan Personal Pronoun sebagai Subject, Kepunyaan, Obyek.

Selasa, 21 Juli 2020

CONGRATULATION PART 2

Written and Posted by Pak Damin

WISH,HOPE,CONGRATULATION PART 2

       Materi Pembelajaran untuk siswa kelas 9G,9H dan 9I, SMP Negeri 1 Kayen.
     Assalamualaikum wr wb our students. How are you? Are you fine? I hope you are in a good health and in a very good condition. Let's thank to Allah SWT because we can continue our lesson. At this opportunity we want to discuss more about Wish,Hope and Congratulation.

Please watch this video (source You Tube Channel) :




Tugas Siswa :
Write and complete the words below in your Note Book and in a piece of Folio paper.....

SYNONYM = SAME MEANING = SIMILAR MEANING
1.  hope    =  ....................: berharap

2. chance = .................... : kesempatan

3. discuss = ..................  : mendiskusikan


4. keep  = .................       : menjaga


5. winner =...............       : pemenang


6. own = .................         : mempunyai



7. all right =................      : baik baik saja

8. subject =................       : pelajaran

9. pupil =....................       : siswa

10. night = ..................      ; malam hari

Please submit your work by sending a photo of your task that you have done in folio paper.
Please learn by heart (hafalkan) all vocabularies you have written.

I think the time is over. Keep trying in learning English. 
Thanks for joining this class and see you next week. Assalamualaikum wr. wb.

GREETING PART 2

GREETING : SALAM (Meeting 2) Materi Pembelajaran Keas 7 A, 7 B dan 7 D SMP Negeri 1 Kayen. Written and posted by Pak Damin

Assalamualaikum wr wb. How are you? I hope you are fine. All right our students, nice to see you again. At this chance, We want to discuss more about Greeting. We have talked about this material in the previous meeting. But we should discuss further about Greeting. 

Please watch this video!



Hi....Hi...
Hello...Hello...
How are you? 
I am fine thank you 
It is nice to see you
It is nice to see you too
I am glad to meet you
I am glad to meet you too 
Good morning 
Good Afternoon 
Good Evening 
Good Night 
See you later 

Tugas siswa :


Write and complete the sentences below in your Note Book and in a piece of Folio paper.....and translate those sentences into Indonesian Language! 

1. If we meet someone in the morning we will say Good Morning.

    Jika kita bertemu seseorang pada pagi hari kita akan berkata Selamat Pagi.

2. If there is our friend who says Hello, we will reply by saying........

.   ........................................................................................................

3. .................................?   I am fine thank you.

    .........................................................................................................

4. It is nice to meet you. Give the respon..................................

    ...............................................................................................

5. We meet someone at 08.00 a.m. We will say.............................

    ....................................................................................................

6. We meet someone at 02.00 p.m., We will say............................

    ....................................................................................................

7. Toni meets Ahmad at 09.00 p.m., he says..........................to him.

     .....................................................................................................

8. You want to go to sleep. You say...................to your parents.

    ...............................................................................................

9. Deny : "How are you Rini? "

    Rini : " I am fine, thanks."
    Deny :.......................................

10. Danang : " See you later."

      Tiara     : " .................................."
       ...................................................................

Notes :
a.m. ( ante meredium) = 12 night (malam) until 12 midday (siang)
p. m. ( post meredium) = 12 midday (siang) up to 12 night (malam)

Minggu, 19 Juli 2020

CONGRATULATION


HOPE AND CONGRATULATION
Written and Posted by  (Pak Damin)
Assalamualaikum Wr Wb,
Good Morning/Good Afternoon/Good Morning
Let's thank to Allah SWT bacause we are in good health and have a chance to learn English. All right students, at this chance, we want to discuss about how to express hope and wishes to others and congratulate others for their fortune and achievement in order to keep good personal relationship with them.

Toni has become the winner of the English Speech Competition
Dina : Congratulation Roni you have won the English Speech Competition
Toni : Thank you Dina.
Dina : You are welcome.

Danang is good in Mathematics.

Arman : I hope you will become the winner of the Mathematics Competition next week.
Danang : Thanks a million.
Arman : You are welcome.

Naila is 14 years old now. He was born 14 years ago.

Erna : Happy birthday to you Naila. I wish God always blesses you.
Naila : Thank you Erna.
Erna : You are welcome.

Now, please watch this video that is being carried out by the native speakers. Enjoy it!



Vocabularies :
hope = wish               : berharap
congratulation            : ucapan selamat
congratulate               : mengucapkan selamat
chance = opportunity : kesempatan
discuss = talk about   : mendiskusikan
express                       : mengungkapkan
others = other people : orang lain
fortune                        : keuntungan
achievement               : capaian / prestasi
in order to                  : supaya
keep = look after        : menjaga
relationship                : hubungan
has become                : telah menjadi
winner = champion   : pemenang
speech                         : berpidato
English                        : Bahasa Inggris
have/ has won             : telah memenangkan
Thanks                        : terima kasih
You are welcome        : sama sama

Tugas Siswa tuk Kelas 9G,9H,9I SMP Negeri 1 Kayen :
Salinlah materi tentang Hope dan Congratulation  yang tertulis warna biru pada Buku Catatan Kamu tuk dokumen pribadi dan pindahkan di lembaran folio. Tuk yang di lembar folio diberi identitas nama kelas dan nomor absen dan di bagian kanan atas. Foto dan japrikan tugas yang anda buat di lembar folio ke no WA Pak Damin. Hafalkan ungkapan hope dan vocabularies. Simpanlah tugas anda. Bila sudah masuk sekolah lembar folio dikumpulkan sedangkan buku catatan ditunjukkan ke Pak Damin. Good Luck and Enjoy Learning English.

Untuk mengerjakan soal latihan pilihan ganda, silakan anda kerjakan soal yang sudah saya link di kelas Google Clasroom kalian masing masing.

Wassalamualaikum Wr Wb.







Rabu, 15 Juli 2020

Greeting (Salam)

Greeting (Salam). Written and posted by Pak Damin
Assalamualaikum Waroh Matullohi Wabarokhatuh.

Hello...
Hi.......
How are you?
It is nice to meet you.
Let me introduce my self . My name is Damin. You can call me Pak Damin. I was born at 4 February 1969. I am your English teacher. I have been teaching here since 1998.

All right our students, at this time, we want to discuss about Greeting.

When our friends say Hi...We will say Hi...
When our friends say Hello....We will say Hello
When we meet our friends/other people in the morning, we will say : Good Morning
When we meet our friends or other people in the afternoon. we will say : Good Afternoon
Good evening is used when we meet our in the evening or night.
Good night is used when we want to go to sleep.
If our friends say Nice to see you, we will reply nice to see you too.


GREETING : SALAM

Hi....Hi...
Hello...Hello...
How are you? : Bagaimana kabarmu?
I am fine thank you : Saya baik baik saja terima kasih.
It is nice to see you : Senang bertemu anda
It is nice to see you too : Senang bertemu anda juga
I am glad to meet you : Senang berjumpa anda
I am glad to meet you too : Senang berjumpa anda
Good morning : Selamat Pagi
Good Afternoon : Selamat Siang
Good Evening : Selamat Malam
Good Night : Selamat Malam, bila mau tidur
See you later : Sampai jumpa nanti

Tugas siswa :

1. Salinlah kembali (Tulislah kembali)  tentang Greeting/
Salam yang tertulis warna biru di lembar folio.
Tulislah Nama Kelas dan No Absen. Sebelum menulis berikan garis tepi di folio.
Dokumentasikan/ Tulis dalam Buku Catatan Anda yang tertulis warna biru.
Setelah selesai fotolah hasil karya kamu di folio dan kirimkan foto dengan cara japrikan ke no WA Pak Damin. Untuk hasil karya asli simpanlah jangan sampai hilang.
2. Hafalkanlah Ungkapan Greeting tersebut.
3. Klik Link Video tentang Greeting yang diungkapkan oleh Pembicara Asli (Native Speaker)




I think that's all our lesson.
Thank you much for you attention and see you later. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kamis, 28 Juli 2016

Malin Kundang Story

Rewritten and posted by Pak Damin
Assalamualaikum WrWb.
Good Morning/Good Afternoon, friends. Let me introduce myself.  My name is……..I am from SMP Negeri 1 Kayen. At this time, I am going to tell a story entitle “Malin Kundang”. Please listen to me carefully!

Once upon a time,  in Pantai Air Manis village, West  Sumatra, lived a widower named Mande Rukayah. She had a son named Malin Kundang.

One day, Malin Kundang said to her mother : “Mother, why it is so difficult for us to live in this village?  We are so poor. We live in sorrow and bitterness every day.  Her mother could not answer Malin’s questions. She just kept silence.

Another day, Malin asked permission to his mother. My mother, please give me a permission to go to the town.  Let me change my fate.  I want to become a rich man.  Malin …Why you don’ care to your mother.  I am very old now.Mother…please don’t worry. If I become rich man, I will go back to this village. I promise that  I will build a new house for you…  I will buy you a rice field and you can cultivate it well. I believe that my dream will come true.
At first, her mother did not give him permission. It was too hard for her to release him. But, she finally gave him permission.

For years, Malin had worked hard. He was very smart and discipline man. His boss asked him to marry her daughter. Malin was very fortune because he could marry with a very beautiful and rich lady. They became a new rich family. Malin and her wife lived happily.

One day, his wife asked him to sail to Pantai Air Manis. His wife said : “ My husband, I want to see Pantai Air Manis Village. According to my friends, this village is so nice and has a very beautiful scenery.  The people are very friendly. Malin said,” All right, my honey, we will go there next week.”
The news travelled so fast  liked the wind blew. The people of Pantai Air Manis Village knew that Malin and her mother would come to their village and so was Mande Rukayah

The day  Malin and  his wife coming to the Pantai Air Manis Village had arrived ……. . Early in the morning,  a lot of  people went to the beach.  They gathered in the beach. They waited to Malin Kundang and his wife arrival. They wanted to see the successful trader Malin Kundang. His mother Mande Rukayah also went to the beach.  She said to herself ….My beloved son…..Malin Kundang…. I really missed you so much. I wanted to see you my son.

The sky was very clear. The weather was so fine. The sun shined brightly. The wind blew. All people were watching the big ship on the sea was sailing toward Pantai Air Manis Beach.
Malin and his wife got out from the ship and walked toward the crowded people. There were many people shouted. Malin….Malin….Malin. Welcome home to your village. Congratulation.. Congratulation…Congratulation…Malin Kundang. Malin just kept silence. His wife was very surprised knew about this.

Suddenly, a very old lady came just in front Malin and his wife.  She said…Malin Kundang…My dearest son. I’m your mother….. Mande Rukayah. She was trying to grasp him but she could not because Malin stepped back.

“What…How dare you. I do not have mother like you. My mother has died many years ago.” Malin….please…Look at me.  Watch me….Stare me….I am Mande Rukayah….your mother.Many people said, “ That’s true. That’s right . That’s correct …Malin. She was your mother, She was your mother”. His wife was very confused. Then…Malin said,” If I say no….no forever. You are not my mother. How dare you…. a poor and very bad old lady!

After knowing this…Mande Rukayah was very sad. Her heart was broken. She was crying. She said, “My son…I  am your mother. I am your mother. I have taken care you. Malin said,” No…My mother has died. You are not my mother. “
Finally, Mande Rukayah was praying to Allah. Oh …my God. Please, punish him…punish him…punish him…. Ya…Allah.  Give him the lesson.

God heard her praying. The sun dimmed. The black cloud gathered. The thunder started to hear. It rained heavily. The wind blew hard.  The big wave destroyed the Malin ship. …and cracked…..The ship was broken. Suddenly, Malin fell to the ground. He could not move his hands and his legs. My….hands….My legs….Oh …God. What’s the matter with these? Why I can not move my hands and my feet? In this condition…he asked to her mother. My mother….my mother….my mother….Please forgive me. Please forgive me my mother…..  Mande Rukayah. 
But…it was too late to say so. After a few minutes, she had become a stone.
All right, friends. That’s all my story.
The moral value that we can take from the story is we must respect to our parents especially our mother.

Thanks you very much for your attention and see you later. Assalamualaikum WrWb.

PLEASE, WATCH THIS VIDEO